KATA KUNCI - DEFINISI DAN CONTOH ARTIKEL

 

5 Contoh Artikel Jawa Lengkap


Contoh Artikel Bahasa Jawa Pendek - Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan 5 contoh artikel bahasa Jawa secara singkat , untuk memudahkan anda dalam mencari contoh artikel bahasa Jawa. Artikel bagus tentang budaya, pendidikan dan kesehatan dalam tulisan Jawa. Lima contoh artikel yang akan kami bagikan ini diharapkan dapat membantu anda dalam mencari tugas sekolah khususnya dalam bidang ilmu bahasa jawa, langsung saja simak contoh artikel bahasa jawa berikut ini.

1. Contoh Artikel Kesehatan Gigi Jawa

Seorang tentunya tidak akan pernah mengalami sakit gigi yang disebut gigi seri K.Will dan berbagai masalah gigi lainnya. Oleh karena itu, kita perlu menjaga perlengkapan senjata agar tetap sehat agar tidak terserang kedua penyakit tersebut. Metode ini akan menyoroti satu artikel yang mungkin sangat berguna bagi pembaca tentang kesehatan baju besi. Berikut 5 cara mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan gigi:
  • Kita harus menghindari makanan manis karena tidak baik untuk kesehatan perlengkapan senjata kita. Makanan manis atau manis ini akan mengendap di dalam baju besi kita dan membentuk tempat tinggal bakteri yang akan menghancurkan baju besi kita. Makan makanan yang tinggi kalsium seperti alpukat, brokoli dan kacang-kacangan untuk kesehatan kulit kita.
  • Biasakan menyikat baju besi kita dua kali sehari atau setelah makan. Rasa makanan sisa tidak mengendap di sisi baju besi. Jadi baju besi kita akan lebih bersih dan bersih setiap hari. 
  • Kita harus merawat baju besi kita sendiri dengan jujur ​​dan jika ada masalah dengan kesehatan baju besi kita seperti gusi (berdarah), atau enggala bengkak ke dokter spesialis lengan. Masalah dengan baju besi kita adalah itu bisa dirawat dengan cepat. 
  • Kita harus pergi ke spesialis baju besi untuk memeriksa dan memeriksa kesehatan baju besi kita setiap 6 (enam) bulan. 
  • Mulai sekarang juga, dari kebiasaan merokok atau merokok. Karena kandungan nikotin pada biji wijen kurang baik untuk kesehatan baju zirah kita.

2. Contoh Artikel Jawa Tentang Batik

Benih akan menjadi pola megemendung yang diambil oleh masyarakat Cirebon yang diambil atau diambil dari semua buku untuk orang Tionghoa, untuk wilayah Cirebon, model awan memberikan gambaran tentang negara merdeka dan manud pemberian Tuhan. Cirebon.Corak model batik yang mempunyai keunikan tak tertandingi yang terdapat di kawasan produksi batik ini tidak sama dengan di Cirebon, dan mirip dengan model masterpiece, Badan Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia akan terbit di UNESCO untuk mendapatkan pengakuan Warisan Dunia, pola megamendung merupakan salah satu motif batik dasar yang sangat populer sehingga keadaan kekhususan pola megamendung tidak menjadi masalah.Polanya seperti warna megamendung yang merupakan citra awan berwarna cerah dan terdapat nilai filosofis pada polanya yang sama dengan nenek moyang seluruh anak batik di Cirebon.

Model awan yang melambangkan dunia tinggi model awan yang merepresentasikan dunia yang jauh, bebas dan seperti memiliki citra ketuhanan, konsep patud yang mempengaruhi dunia seni Islam di abad 16 dulu diterima oleh para sufi sebagai pengungkap dunia yang besar, ada perbedaan antara pola megamendung Cina dan di Cirebon, misalnya pada motif megamendhung cina, garis awan melingkar yang berasal dari cirebon, garisnya seperti oval dan segitiga, cikal akan menjadi batik dari cirebon yang memiliki kemajuan gerakan tarekat yang dikatakan ada di Banjarmasin kalimantan selatan. Awalnya dikerjakan oleh anggota sekte yang bertugas di keratin yang menciptakan sumber ekonomi untuk mengelola uang kelompok sekte.

Pengikutnya tinggal di desa Trusmi dan disekitar desa ini sekitar 4 km dari Cirebon sampai Bandung, semuanya kini identik dengan batik trusmi Cirebon yang sama, corak megamendung pertama yang berwarna biru dan diselingi warna merah yang mencerminkan kejantanan dan suasana. dinamis karena proses produksi, ada campur tangan manusia dan warna biru ada warna langit yang kaku dan energik, lambatnya hujan untuk kesuburan dan kehidupan, warna biru membentuk awan gelap yang berisi air hujan dan menciptakan kehidupan.

Untuk perkembangan pola megamendung yang mencuci banyak perkembangan dan perbaikan tata rias pasar, serta menemukan pola megameendung yang dipadukan dengan pola binatang, bunga dan lainnya, yang memperbaiki kombinasi pola batik tradisional dari zaman dahulu, namun kemajuan perbaikan peasat atas campur tangan desainer pakaian lainnya. Selain corak warna motif megamendung yang semula biru dan merah kini berkembang menjadi warna yang beragam, ada motif megamendung yang berwarna kuning.

Proses produksi dan produksi pertama batik tulis dan batik cap karena pertimbangan ekonomis, yang dibuat dari pabrik besar dan polanya disaring, dan inilah kain pola megamendung yang diproduksi untuk proses tersebut dan hingga saat ini nama batik tersebut belum dapat diturunkan. Bentuk pola megamendung yang pertama kali dikenal dalam bentuk batik, kini dapat ditemukan di Kudus dalam berbagai bentuk, dan pada uraian dekorasi dinding, lukisan kaca, produk interior berbentuk seukuran kayu dan produk sarung bantal dan lain sebagainya.

3. Contoh Artikel Jawa Tentang Kebudayaan

Melestarikan budaya yang ada di Indonesia merupakan bagian penting dari masuknya budaya asing ke Indonesia. Minimnya penyaringan dalam menghadapi budaya asing yang masuk ke Indonesia membuat budaya yang ada di Indonesia luntur.
Misalnya jika ada hari-hari besar di Indonesia, orang sekarang umumnya merayakannya dengan bersorak. Kurangnya kesadaran dan kurangnya penyaringan menjadi ancaman serius bagi budaya Indonesia.

Tak hanya itu, kemunduran budaya di Indonesia disebabkan oleh pesatnya laju globalisasi, didorong oleh teknologi, hingga bahasa juga menjadi korbannya. Kami melihatnya, sangat anak-anak sekarang bermain, bermain tradisional, yang mereka kenal hanya PlayStation (PS). itu adalah contoh yang sangat buruk bagi Indonesia.

Dudu mung kuwi akehe kebudayaan Indonesia sing di claim dening negara liya ugo dadi ancaman sing serius banget kanggo bangsa Indonesia, kurang proteksi lan arange ditampilake sawijining kebudayaan kesebuta sing marakake Indonesia wis kelangan akeh budaya utawa diaku duwe negara liya.

Nanging pancen ora etis yen awake dhewe mung ngomongna pengaruh-pengaruh sing bisa nglunturke kebudayaan neng Indonesia. Awake dhewe selaku bangsa lan rakyat Indonesia sakudune eling, kanggo pentinge bentuk sawijining kebudayaan. Dudu mung mahami, nanging anyak saka saiki nyoba kanggo tetep nglestarekne kebudayaan-kebudayaan sing ana neng Indonesia. Kajaba kuwi, kudu ditingkatake dheweke rasa nasionalisme kanggo negara warga Indonesia.


Aja nganti, kedaden-kedaden sing wis bisa nglunturke kebudayaan kedadean maneh ana wektu sing arep teka. Aja uga anak putu awake dhewe, ora ngerti apa kuwi wayang golek,wayang kulit, joged-joged tradisional kaya tari saman, piranti musik tradisional. sarehdene kuwi, nguganana saka saiki kanggo ningkatake rasa kebangsaan, lan nasionalisme, supaya awake dhewe bisa tetep njaga kebudayaan.


Tingkat pendidikan yang tinggi sangat penting bagi negara untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Analisis empiris cenderung mendukung prediksi teoritis bahwa negara miskin seharusnya tumbuh lebih cepat daripada negara kaya.

Sebab, mereka semua bisa mengadopsi teknologi yang sudah dicoba dan teruji dari negara kaya. Ning, transfer teknologi membutuhkan manajer dan insinyur yang berpengetahuan yang dapat mengoperasikan mesin baru atau praktik produksi yang dipinjam dari ekspektasi mendalam untuk menutup celah melalui pemindaian.

Bagaimanapun, kemampuan negara mana pun untuk belajar dari ekspektasi adalah manfaat dari efek "modal manusia". Studi terbaru tentang faktor penentu pertumbuhan ekonomi agregat telah menekankan pentingnya institusi ekonomi fundamental dan keterampilan kognitif individu mereka.

Di tingkat individu, terdapat kekayaan literatur, umumnya terkait dengan karya Jacob Mincer, tentang bagaimana keuntungan dikaitkan dengan pendidikan dan modal manusia lainnya. Karya ini telah memotivasi banyak penelitian, tetapi juga kontroversial.

Kontroversi utama berkisar pada bagaimana menafsirkan dampak sekolah. Beberapa siswa yang telah menunjukkan potensi tinggi untuk belajar, dengan pengujian dengan kecerdasan kecerdasan tinggi, mungkin tidak mencapai potensi akademik penuh mereka, karena beratnya kesulitan mereka.

Ekonom Samuel Bowles dan Herbert Gintis pada tahun 1976 berpikir bahwa ada konflik mendasar dalam pendidikan Amerika antara tujuan egaliter dari partisipasi demokratis dan ketidaksetaraan yang tersirat dari keuntungan berkelanjutan dari produksi kapitalis di sisi lain.

Contoh Artikel Jawa Tentang Budi Pekerti

Jika sopan santun dalam hidup, mulailah hidupnya dengan menelan sikap yang merugikan dan jahat. Tata krama itulah yang menunjukkan kualitas kepribadian manusia. Tambahkan tindakan rendah hati dan hati sebagai manusia, maka dia akan bertindak sopan dan santun dengan kepercayaan yang tulus dan sepenuh tubuh.

Etiket adalah tempat perbuatan tubuh yang diekspresikan dari kualitas moral batin. Moralitas itu sendiri adalah moralitas yang bersumber dari hati nurani, yang diekspresikan dalam tindakan dan cara berpikir. Seorang manusia yang lumayan nyopan pendek, biasanya dari kualitas moral dirinya yang pendek. Dan ini karena, hati nuraninya dipenuhi dengan nilai-nilai negatif. Dengan peningkatan praduline mereka untuk hidup sopan di dalam, menunjukkan hilangnya hati yang bagus dalam kehidupan. Dan bagi beberapa orang saat bayi bertambah besar, dia akan mengatasi ini. Tanpa kesopanan, mereka akan kehilangan tingkah laku yang seharusnya mengabdi dalam kehidupan.

Kesopanan merupakan energi positif yang dapat menciptakan kehidupan pribadi yang lebih berkualitas. Sebab, disaat manusia memiliki sikap yang santun dan membujuk dalam, maka dia sedang ngulakne energi baik kepada orang lain, dan orang lain yang rumangsakne energinya baik, pikiranku begitu banyak untuk melayani energinya dengan sopan. Artinya, mereka selalu santun mbisakne keimanan lebih baik dari siapapun. Sopan santun merupakan etos kerja yang baik yang baik untuk kepentingan seseorang, namun merupakan tindakan kerendahan hati yang diperkuat dengan etika dan integritas pribadi dalam konsistensi pekerjaan.

Kesopanan bisa menjadi milik siapa saja. Tetapi, untuk memenuhi syarat sebagai bagian dari kepribadian yang santun yang bekerja dengan baik, seorang manusia harus menjaga kualitas moral dengan nilai-nilai kehidupan yang beretika positif, ia mengungkapkan integritas pribadinya yang dalam yang selaras dengan sikap hati untuk mengabdi pada kehidupan yang singkat. Kesopanan dipakolehake kualitas seorang pria yang baik, yang benar-benar hidup untuk mujudtake rasa takut pada diri sendiri menjadi orang lain; melalui tata bahasa yang sopan, kesabaran, ekspresi dan tata krama.
Tata krama akan ditambahkan untuk mempengaruhi kebaikan Anda dan orang lain. Waktu bisa menjadi hati manusia perkembangan nuranin sopan santun untuk hidup, yang menghormati orang lain, dan pujian yang tinggi dipertahankan, tidak ada perasaan tidak ada cinta yang lain.

Nah itu dia5 kumpulan contoh artikel bahasa jawa yang telah kami sajikan semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mencari apa yang anda cari dan dapat menambah pengetahuan anda dalam pelajaran bahasa jawa.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Senja